218418392

Blog

Candi Ijo Sunset Terindah di Jogja

Mau lihat sunset terindah di Jogja? Kamu cukup berada di Candi Ijo sunset terindah di Jogja . Tinggal meluncur ke sisi timur Jogja menuju Candi Ratu Boko kamu akan menemukan Candi Ijo. Apa dan bagaimana Candi Ijo ini…kamu simak dulu ya penjelasannya di bawah ini

1

Sejarah Candi Ijo

Diperkirakan dibangun antara abad 10 sampai 11 Masehi pada jaman kerjaan Medang di masa periode Mataram. Disebut sebagai Candi Ijo karena terletak di perbukitan yang di sebut Gumuk Ijo atau Bukit Hijau. Berada pada ketinggian kurang lebih 375 (mdpl) meter di atas permukaan laut, merupakan candi yang terlatak paling tinggi yang ada di Jogja. Penyebutan Ijo sendiri tertulis di prasasti Poh tahun 906 Masehi yang menyebutkan kehadiran seseorang pada sebuah upacara yang berasal dari Wuang Hijau yang berarti gumuk atau bukit hijau. Makanya Candi Ijo sunset terindah di Jogja. Apabila prasasti ini betul secara historycal berarti Candi Ijo berumur lebih dari 1000 tahun.

wisata sunset candi ijo temple

Tata Letak dan Bentuk Bangunan Candi

Dibangun di perbukitan Bukit Ijo tata letak candi merupakan teras berundak – undak membujur dari sisi barat ke timur. Bagian timur candi merupakan bagian tertinggi dan letak percandian utama ada disini. Di sekitarnya terdapat candi – candi kecil yang biasa disebut candi perwara atau candi pemujaan.

Percandian utama di sisi timur terdapat candi induk, candi pengapit, dan candi perwara. Candi induk menghadap sebelah barat dan di depannya ada 3 candi yang lebih kecil. Lihat foto di bawah ini. 3 candi kecil tersebut di peruntukkan untuk pemujaan Brahma, Wisnu, dan Syiwa. Nah disinilah tempat melihat sunset terindah di Jogja. Wisatawan berkumpul pada posisi di candi utama dan di depan 3 candi kecil ini. Uniknya candi kecil ini tidak menghadap ke barat melainkan menghadap ke candi utama, menghadap ke timur.

Bentuk bangunan 3 candi kecil memiliki ruangan yang di dalamnya terdapat jendela kerawangan dengan bentuk belah ketupat di dindingnya. Atap candi kecil ini memiliki 3 tingkatan mahkota yang bersusun ke atas. Tengah candi perwara ini terdapat patung lembu Nandini sebagai kendaraan Dewa Syiwa.

Bangunan candi induk berbentuk persegi empat, diapit dua buah jendela palsu yang disebut relung gawang jendela yang tidak berlubang. Sisis selatan dan timur terdapat tiga relung yang memiliki hiasan ukiran kala makara. Untuk masuk ke pintu candi utama ini di buat tangga dengan di apit sepasang makara. Makara ini makhluk mitos dengan bentuk tubuh ikan tapi berbelalai seperti gajah, kepala makara menjulur kebawah dengan kondisi mulut menganga. Di atas pintu candi utama terdapat hiasan Kala Makara.

Ruangan yang ada di candi utama ini di dalamnya terdapat relung di bagian utara, selatan, dan utara. Setiap relung akan diapit pahatan di dinding yang menggambarkan sepasang apsara yaitu bidadari yang terkesan terbang menuju ke arah relung. Di tengah ruangan terdapat Lingga dan Yoni, dan di bawahnya terdapat figur ular sendok yang di percaya sebagai motos penyangga bumi. Lingga dan Yoni melambangkan bersatunya Dewa Syiwa dan Parwati.

Lokasi Candi Ijo

4 kilometer dari Candi Ratu Boko terletak di Dusun Groyokan desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. Kalau kamu sudah pernah ke Candi Prambanan, nah kamu tinggal pas trafic light barat candi Prambanan kamu tinggal beloksaja ke arah selatan. Bila dari arah Klaten belok ke kiri, dan bila dari arah kota Jogja belok ke kanan. Kamu bisa buka peta arah Candi Ijo di sini. Sebelum candi kamu bakalan menemukan lokasi wisata baru Jogja yaitu Tebing Breksi.

Transport ke arah candi

Bila dari arah kota Jogja kamu bisa naik Trans Jogja menuju Halte Candi Prambanan yang letaknya di sisi jalan besar Jogja Solo, kawasan pasar Prambanan. Dari sini kamu bisa naik online transport dengan cara memesan secara online. Bila pesan transport online dari Jogja cukup banyak mengeluarkan anggaran. Kalau dari Halte Prambanan lebih murah. Atau kamu bisa pesan ojek yang ada di sekitaran pasar Prambanan. Bila kamu rombongan berbanyak orang bisa rental mobil di pusat kota Jogja ini lebih praktis. Untuk Trans Jogja terbatas sampai dengan pukul 8 malam yang menuju kota Jogja

Aktifitas di Candi Ijo

Kamu dapat menikmati Candi Ijo sunset terindah di Jogja disini. Sebagian besar orang yang pernah kesini mengatakan kalau mau melihat spot sunset terindah di Jogja ada disini. Bagaimana tidak, dengan menghadap ke arah Barat kamu bisa melihat lanskap kota Jogja. Di tambah lagi susana menjelang malam dengan cahaya berwarna jingga diiringi lampu – lampu kota yang mulai menyala. Apalagi kalau kamu pas melihat landing atau take off beberapa pesawat dari landasan bandara Adisucipto Jogja menambah keindahan dan atraksi sunset terindah di Jogja Kamu disini. Candi Ijo sunset terindah di Jogja pasti tidak akan kamu lupakan selama wisata di Jogja

Harga Tiket Candi Ijo

Sangat terjangkau disini untuk harga tiket masuk, Kamu cukup mengeluarkan kocek harga tiket Rp. 5.000,-. Tiket parkir motor Rp. 2.000.- dan tiket untuk mobil kecil sebesar Rp. 5.000,-. Bila kamu berombongan besar menggunakan bis besar, kamu parkir di halaman parkir Tebing Breksi dan untuk naik ke candi kamu tinggal pakai suttle mobil Jeep yang di kelola oleh masyarakat sebesar. Harga suttle Jeep Tebing Breksi sebesar Rp 250.000,-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.