218418392

Blog

Menuju Kedalaman Goa Jomblang Jogja

Kawasan Gunung Kidul dikenal dengan tanahnya yang  tandus dengan didominasi batuan karst. Tetapi di balik batuan keras ini rupanya tersimpan goa-goa menawan yang kaya akan daya pikat. Dan di goa-goa inilah mengalir sungai-sungai bawah tanah yang bisa menjadi sumber air kehidupan bagi tanah Gunung Kidul. Salah satu goa yang memiliki daya pikat ini adalah Goa Jomblang Jogja.

1

Goa Jomblang Yogya adalah sebuah goa unik berbentuk vertikal  yang berlokasi di kawasan Jetis Wetan, Semanu, Gunungkidul. Berjarak hanya  10 km dari pusat kota Wonosari, ibukota Gunung Kidul. Goa dengan lokasi GPS S8°1’43.2″ E110°38’18.1″ ini terbilang cukup terjangkau untuk disambangi.

Belakangan Goa Jomblag Yogya ini memang terus dipromosikan sebagai destinasi wisata alternatif pecinta alam. Meski di masa lalu goa ini sempat dikeramatkan karena menjadi lokasi pembunuhan para anggota PKI.

Goa Jomblang Jogja

Seperti kami sampaikan sebelumnya, Goa JOmblang Jogja ini memang cukup unik, bentuknya khas berupa sumur vertikal dengan bentuk lorong berdiameter 50 meter dan kedalaman yang beragam sesuai dengan kontur dasar goa yang unik  menyerupai kawasan perbukitan dengan ketinggian antara 80 meter sampai 40 meter. Dan karena bentuk uniknya ini hanya ada satu cara untuk bisa memasuki goa yakni dengan menggunakan teknik tali khusus bernama Single Rope Technique dengan keahlian khusus.

Bagi kebanyakan pecinta aktivitas outdoor, aksi menuruni pintu goa Jomblang Jogja dengan teknik roping ini sangat menantang. Tentu saja untuk Anda yang masih awam, sebaiknya pastikan Anda sudah didampingi oleh mereka dengan keahlian khusus.

Goa Jomblang Jogja
Sensasi dari Goa Jomblang Yogya tak berhenti dari tantangan yang harus Anda hadapi ketik menuruni pintu goa. Tetapi juga ketika Anda mulai menapakan kaki Anda di dasar goa. Goa ini menampilkan suasana hutan tropis purba yang lembab.  Berada di dasar goa tetapi Anda seakan berada di dalam hutan primer yang lebat. Anda bisa menyesap kesegaran hutan alami ini di salah satu ceruk kecil alami yang berada di antara dinding goa.

Jangan berpuas dengan panorama dasar goa, kini Anda perlu menjajal tantangan lain untuk menyusuri lorong sejauh 300 meter menuju sisi lain goa. Lorong ini memanjang dengan dinding karst dan atap stalaktit. Perjalanan ini berakhir pada sebuah goa vertikal lain bernama Goa Grubug. Goa ini memiliki puncak yang lebih sulit dituruni dan lebih dalam sehingga biasanya bukan menjadi jalur roping. Di tengah dasar Anda akan menemukan gemuruh sungai Kalisuci yang cukup berarus.

Goa Jomblang Jogja

Bila Anda beruntung, di jam-jam tertentu menjelang sore, Anda akan menemukan semburat tirai cahaya yang membias di antara pintu masuk goa di puncak dengan aliran sungai. Banyak orang menyebutnya dengan istilah tirasi cahaya surga.

Bila musim kering datang, ketika aliran sungai Kalisuci tidak terlalu deras Anda bisa menjajal arusnya dengan karet.  Sungai ini konon memiliki jalur bawah tanah yang cukup menantang untuk Anda rambah, tentu saja pastikan Anda juga membekali diri dengan peralatan yang memadai. Ini akan menyempurnakan perjalanan Anda menuju kedalaman Goa Jomblang Yogya.

sumber gambar goa jomblang yogya:
– rentalmobilyogyamurah.com
– travel.kompas.com
– piknikasik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.