218418392

Blog

Yang Unik Dari Wisata Kuliner Yogya, Gudeg Manggar

Begitu kentalnya kota Jogja dengan hidangan gudeg membuat kota ini juga dikenal sebagai kota gudeg. Rasanya tak afdo berkunjung ke kota ini kalau belum sekalian mencicipi hidangan manis gurih ini. Dan kali ini kita akan mencoba menengok salah satu daya tarik wisata kuliner yogya yang masih mengusung sajian gudeg.

1

Tentu saja bukan gudeg biasa yang selama ini Anda kenal menggunakan bahan baku nangka muda. Karena gudeg yang satu ini menggunakan bahan baku bunga kelapa. Tak banyak yang mengenal kalau di salah satu kawasan Yogya bunga kelapa juga biasa digunakan sebagai bahan gudeg. Bagi masyarakat setempat gudeg ini dikenal dengan sebutan gudeg manggar.

Anda mungkin sudah bisa membayangkan seperti apa bunga kelapa ini. panjang menjurai dan berbulir dalam warna putih pucat. Dan biasanya untuk mengolahnya menjadi gudeg, proses pengolahannya bisa sedikit lebih rumit dari gudeg nangka biasa. Bunga kelapa perlu dibakar sampai melunak lalu dimasak dalam bumbu gudeg khas selama belasan jam.

wisata kuliner yogya gudeg manggar bu jumilan

Olahan gudeg ini terbilang langka karena setiap pohon kelapa yang sudah diambil bunganya biasanya akan menjadi kelapa mandul yang tidak lagi produksi buah. Jangan kaget kalau tak mudah menemukan hidangan khas yang konon malah termasuk favorit para permaisuri dan putri dari keraton Yogya karena dianggap memiliki khasiat kecantikan.

wisata kuliner yogya gudeg manggar muda
Penasaran bagaimana keistimewaan dari gudeg manggar ini? jadwalkan perjalanan wisata kuliner Yogya ke kawasan desa Mangiran Pajangan Bantul. Di area ini Anda bisa menemukan jajaran kedai gudeg manggar termasuk beberapa diantaranya adalah penjual gudeg manggar yang sudah berpuluh tahun melakoni usahanya, seperti gudeg manggar Pembayun. Biasanya gudeg manggar dijual di saat menjelang sore.

Desa Mangiran ini sendiri dikenal sebagai salah satu desa tertua di Bantul yang juga memiliki berbagai peninggalan dari masa kerajaan Brawijaya hingga Mataram kuno. Untuk mencapai lokasi Anda harus menempuh perjalanan sekitar 20 km menuju kawasan Kali Progo di sisi barat Kasongan. Dari kawasan ini Anda akan menempuh jalur menyusuri kali Progo ke selatan sampai menemukan gerbang desa Mangiran.

Jangan kaget kalau Anda menemukan satu porsi gudeg manggar bisa dibandrol dengan cukup mahal, sampa 30 ribuan. Biasanya satu porsi ini sudah termasuk nasi, tempe atau tahu dan suwiran ayam. Anda juga bisa menambahkan telur rebus pindang gudeg atau jeroan ayam bila suka. Tentu saja dengan dilengkapi kuah areh, krecek sambal goreng sebagaimana Anda biasa jumpai pada gudeg nangka biasa.

wisata kuliner yogya gudeg manggar maknyus

Dulunya gudeg manggar ini adalah hidangan favorit dari Gusti Pembayun dan Ki Ageng Mangir, salah satu keturunan dekat dari keraton Yogyakarta yang memimpin daerah Mangir ini. Jadi resep hidangan istimewa ini sudah ada sejak 500 tahun lalu.

Merasa terlalu jauh untuk meluncur ke arah Mangiran?Anda bisa jajal wisata kuliner Yogya ini di Kopitiameoy, kawasan Wolter Monginsidi. Meski tidak di lokasi aslinya, hidangan di resto ini tak mengecewakan sama sekali. Terutama untuk Anda yang tak punya banyak watu melakoni wisata kuliner Yogya langsung di lokasi aslinya.

sumber gambar wisata kuliner yogya gudeg manggar:
– tribunnews.com
– travel.detik.com
– kopioeyjogja.wordpress.com

3 Responses

  1. Ray andyka says:

    ada rasa yang khas ga dari gudeg yang 1 ini?

    Reply
    • Agung Surya says:

      Ada, beda bahan beda rasa. Kamu perlu deh nyobain rasanya. Ke Jogja yuuk…

      Reply
    • Agung Surya says:

      Pastinya ada, yuuk nyoba gudeg Manggar Jogja

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.